biMBA-AIUEO Soccer School

SIKAP SPORTIF YANG HARUS DIPAHAMI OLEH PESEPAKBOLA SEJAK USIA DINI !

biMBA  FC – “Olahraga tidak membentuk sebuah karakter, melainkan menampilkannya…”

Hal ini dikatakan oleh Heywood Hale Broun, seorang kolumnis olahraga dari amerika yang merupakan hasil studi selama karirnya sebagai penulis.

Dalam setiap pertandingan pasti ada menang dan kalah, dan semua orang pastinya ingin meraih kemenangan dan tidak ada yang ingin merasakan kekalahan. Begitu pula halnya dengan anak-anak, saat mereka ikut serta dalam sebuah permainan atau pertandingan pasti diantara mereka akan mulai merasakan hal tersebut.

Di sepak bola usia dini, dimana anak-anak mulai ikut dalam sebuah pertandingan secara tim, mereka mau tidak mau akan bersentuhan dengan yang namanya sportivitasdan hal ini merupakan alasan yang tepat untuk mulai mengenalkan olahraga tim seperti halnya sepak bola kepada mereka.

Sportivitas adalah tentang disiplin, rasa menghormati, pengendalian diri dan taat kepada aturan yang berlaku.

Menerima kekalahan dengan jiwa besar adalah hal yang sangat sulit diajarkan, namun dengan menanamkan dasar-dasar sportivitas kepada anak-anak di usia dini akan menjamin kesuksesan mereka dimasa depan bahkan untuk kehidupan mereka diluar sepak bola.

Berikut adalah beberapa sikap sportif  yang harus dipahami oleh pesepakbola anak usia dini :

1. Hormat dan taat kepada aturan (rules of the game)

Aturan pertandingan dibuat bukan tanpa maksud dan tujuan, yakni untuk memastikan bahwa pertandingan berjalan dengan adil, menyenangkan dan tentunya aman.

2. Perlakukan orang lain seperti kita ingin diperlakukan

Bersikap atau mengucapkan kata-kata tidak menyenangkan bahkan kasar kepada lawan di dalam pertandingan adalah bentuk tindakan yang tidak menghormati kepada sesama pemain, tidak menghormati pertandingan dan juga tidak menghormati pelatih official dan teman setim.

3. Hargai teman setim dan juga lawan mu

Perlu ditanamkan dalam jiwa anak-anak usia dini bahwa tidak ada kata “Aku” di dalam tim melainkan “Kita” dan hargai juga tim lawan. Rivalitas hanya di dalam lapangan setelah pertandingan kita saudara.

4. Hormati pelatih dan official dalam pertandingan

Pelatih dan para official hadir di dalam pertandingan untuk memberikan arahan dan bimbingan kepada para pemain, bila kamu berbeda pendapat dengan mereka sampaikan dengan penuh rasa hormat secara terpisah.

5. Selalu bermain dengan fair

Kemenangan yang diraih dengan cara curang akan menyederai pertandingan dan tidak sebaik kemenangan yang diraih dengan permainan yang fair.

6. Terima keputusan pelatih dan wasit dengan lapang dada

Berselisih dengan wasit atas sebuah keputusan yang dirasa tidak tepat hanya akan menghabiskan energi, baik itu keputusan yang tepat ataupun salah. Pemain yang sportif mungkin akan merasa jengkel tapi tetap akan menghargai keputusan wasit atau pelatih dan akan memberikan semangat kepada rekannya yang lain, terutama saat mereka membuat kesalahan.

7. Memaafkan diri sendiri

Sikap memaafkan diri sendiri saat kamu membuat kesalahan dan segera bermain kembali, manusia tempatnya berbuat kesalahan terima itu sebagai pelajaran dan kembali fokus kepada pertandingan dan berusahan bermain sebaik mungkin hingga pertandingan berakhir.

8. Ucapkan “Terima Kasih”

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada pelatih, official dan orang tua yang sudah banyak mengorbankan waktu dan tenaga hanya untuk bisa melihat kamu bermain sepak bola sesuai dengan hobi dan cita-cita kamu.

9. Jangan sombong saat meraih kemenangan

Jika kamu menang berarti kamu lebih baik dari lawanmu, tetapi janganlah sombong dengan kemenanganmu bisa jadi kedapannya lawanmu bisa mengalahkan kamu lebih dari ini dan jangan merendahkan atau meremehkan usaha mereka dalam pertandingan.

10. Menerima kekalahan dengan besar hati

Kalah menang sudah biasa dalam sebuah pertandingan, yang luar biasa adalah menerima kekalahan dengan tanggun jawab dan perbaiki kesalahan dengan evaluasi diri. Menyalahkan lawan, rekan setim, cuaca, wasit tidak akan membuat pertandingan berikutnya akan lebih mudah.

 

Demikian sikap pesepakbola usia dini yang harus dipahami dan di aplikasikan jika ingin menjadi pemain yang bagus secara teknik maupun attitude dalam kehidupan sehari-hari.

 

SALAM biMBA TETAP SEMANGAT DAN TERUS BELAJAR !!!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Scroll to Top